Seminar Cyber Security on Digital Entrepreneurship: Safeguarding Digital Ventures in The Modern Business

Yogyakarta, 28 April 2024 – Auditorium Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menjadi saksi atas perhelatan Seminar Cyber Security on Digital Entrepreneurship yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi. Dengan fokus pada keamanan siber, kegiatan ini menjadi sangat penting bagi program studi S-1 dengan konsentrasi Analisis Keamanan Siber.

Seminar, berjudul “Seminar Cyber Security on Digital Entrepreneurship: Safeguarding Digital Ventures in The Modern Business” menandakan relevansinya dalam menghadapi kesulitan digital yang lazim di lingkungan bisnis saat ini. Para pembicara terkemuka, yaitu Edi Priyanto, yang menjabat sebagai Head of Loan di Bank Pembangunan Daerah Yogyakarta (BPD DIY), dan Bayu Cakra Aditya, Chief Executive Officer Xetup Software Production House dan founder komunitas Cyber Security JogjaXploit, hadir dalam acara tersebut untuk menyampaikan keahlian mereka.

Edi Priyanto memulai seminar dengan menggali tren yang terkait dengan keamanan siber, menjelaskan sektor keamanan siber di Indonesia, yang menjadi semakin menantang. Dalam rekomendasinya menggarisbawahi peran penting keamanan siber dalam mengatasi risiko yang berasal dari kemajuan dan kemajuan teknologi. Sebaliknya, Bayu Cakra Aditya mempertimbangkan metodologi keamanan siber dan korelasinya dengan kewirausahaan digital, menggarisbawahi bahwa keamanan siber merupakan aspek penting dalam menegakkan umur panjang bisnis di era digital ini. Melalui presentasinya, ia memberikan wawasan tentang berbagai ancaman siber potensial yang memerlukan kewaspadaan, termasuk spoofing web, malware, ransomware, dan berbagai lainnya.

Aspek penting yang disorot selama seminar ini adalah pentingnya mengambil langkah-langkah yang tepat ketika memulai usaha keamanan siber, yang mencakup perolehan keahlian dan pengetahuan yang diperlukan, pembentukan tim yang mahir, dan penyediaan solusi holistik untuk klien.

Selain itu, seminar memberi peserta data dan statistik, seperti volume lalu lintas atipikal dan prognostikasi mengenai potensi ancaman siber, sehingga menimbulkan pemahaman yang lebih mendalam tentang lanskap keamanan siber kontemporer dan tantangan yang masa akan datang. Harapannya, Seminar Keamanan Siber tentang Kewirausahaan Digital berfungsi sebagai forum berharga bagi mahasiswa dan profesional dalam bidang teknologi informasi untuk menambah pemahaman mereka tentang peran penting yang dimainkan oleh keamanan siber dalam menghadapi rintangan bisnis karakteristik era digital.