Jogja Cyber Security Gathering: Vulnerability 101

Program Studi Teknologi Informasi bekerja sama dengan Komunitas Jogja Cyber Security mengadakan kegiatan Workshop Cyber Security dengan tema Vulnerabililty 101. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2024 sukses dihadiri oleh penggiat Cyber Security di Jogja. Kegiatan ini selaras dengan Visi dan Misi Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan dengan konsentrasi Cyber Security atau Keamanan Siber.

Vulnerability 101 merupakan dasar dari tahapan pengujian keamanan informasi. Menurut Information Systems Security Assessment Framework tahapan asesmen terdapat 9 tahapan diantaranya: Information Gathering, Network Mapping, Vulnerability Identification, Penetration, Gaining Access & Privilege Escalation, Enumerating Further, Compromising Remote Users/Sites, Maintaining Access, dan Covering Tracks. Materi yang disampaikan oleh Abdul Aziz memberikan wawasan konsep Vulnerability Assessment/Identification baik bersifat manual ataupun otomatis. Abdul menyampaikan bahwa teknik manual memiliki kelebihan dibandingkan teknik otomatis pada trafik atau lalu lintas jaringan yang relatif normal. Berbeda dengan teknik otomatis yang cenderung membuat lalu lintas jaringan menjadi lebih sibuk. Namun, teknik manual tergantung dari keahlian keahlian Security Engineering. Abdul juga menunjukan teknik manual dalam mengidentifikasi kerentanan suatu web.

Kegiatan Jogja Cyber Security Gathering sukses diselenggarakan dengan ditutup buka bersama. Sampai jumpa kembali kegiatan keamanan siber di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.